CARA SAYA MENILAI SISWA
Menurut kurikulum 2013 Format penilaian mengisi DKN
I ; Tentang KETRAMPILAN terdiri dari kolom-kolom
A . Praktek
a. praktek 1
b praktek 2
c praktek 3
Nrp1 = (a+b+c) / 3
B, Portofolio
a. portofolio 1
b portofolio 2
c portopolio 3
Nrp2 = (a+b+c) / 3
C. Proyek
a proyek 1
b proyek 2
c proyek 3
Nrp2 = (a+b+c) /3
jadi ada sembilan ( 9 ) Kolom,
bagi siswa yang belum menilaikan tugasnya kosong ( 0 ) Jadi Hasil Nilai Ketrampilan
nilai rata rata praktek 1,2,3 di kali dua ( nrp1 x 2 ) di tambah Nilai rata rata Potofolio 1,2,3 ( nrp2) di tambah Nilai rata-rata Proyek 1,2,3 (nrp3) , Setelah di jumlahkan di bagi dengan 3mpat (4 ) . Inilah Nilai Akhir ( NA) / Nilai Rport ( NR )
n/b Jika sianak tidak melaksanakan tugasnya dan menilaikannya , maka nilai pada kolom Praktek , Portofolio , Proyek , nol ( 0 )
Format diatas telah saya buat filenya , jadi tidak perlu lagi saya menghitung dengan kalkulator , satu demi satu,
Contoh ; nilai
Nilai Praktek 1= . 85
Nilai Portofolio 1 = 80
Nilai Proyek 1 = 75
Karena nilai Praktek 2 dan 3 , Portofolio 2,3 dan Proyek 2,3 masih kosong maka nilainya
Rata rata rata praktek = 85 + 0 + 0 = 85 / 3 = 28,3
Jika hanya nilai ini yang masuk = 2 x ( 28,3 ) + 0 + 0 = 56,66 / 4 = 14,17
Nilai rata rata Portofolio = 80 + 0 + 0 = 80 / 3 = 26,7
Jika masuk lagi nilai ini maka = 2 x ( 28,3 ) + 26,7 + 0 =
83,33 / 4 = 20,83
Nilai rata rata Proyek = 75 + 0 + 0 = 75 / 3 = 25,0
nah kalau nilai ketiganya masuk maka nilai
Jadi Nilai Akhir = 2 x ( 28,3 ) + 26,7 + 25 = 108,3 / 4 = 27,08
II Tentang PENGETAHUAN .
dalam Penilaian di Pengetahuan terdiri dari Kolom-kolom
A . Tes Tertulis
a. Tes Tertulis 1 ( Ulangan Harian 1 )
b Tes Tertulis 2 ( Ulangan Harian 2 )
c. Tes Tertulis 3 ( Ulangan Harian 3 )
Nrt1 = (a+b+c )/ 3
B Tes Lisan
a. Tes Lisan 1
b. Tes Lisan 2
c. Tes Lisan 3
Nrt2 = (a+b+c) /3
C Tugas dari NILAI KETRAMPILAN
a. Tugas 1 ( dari rata-rata nilai ( 2 X praktek.1 + Portofolio 1 + Proyek 1 ) / 4
b Tugas 2 ( dari rata-rata nilai ( 2 X praktek.2 + Portofolio 2 + Proyek 2 ) / 4
c Tugas 3 ( dari rata-rata nilai ( 2 X praktek 3 + Poryofolio 3 + Proyek 3 ) / 4
Nrt3 = (a+b+c) / 3
D Nilai Tengah Semester ( Mid Semester )
E Nilai Ulangan Semester
Nilai yang akan di tuliskan di Raport memiliki cara menghitungnya, yang disebut Rumus .
2 X ( Nilai rata-rata Tes Tertulis + nilai rata-rata Tes Lisan + nilai rata-rata Tugas ) / 3 + Nilai Tengah Semester + 2 X ( Ulangan Semester ) = Jlh / 5
Skala Penilaian 0 sampai 100
Jika
Ulangan Harian / bulan siswa = 75
Nilai rata-rata = 75 / 3 = 25
Maka Nilai Rata-rata 1 = 25 + 0 + 0 = 25 / 3 = 8,33 ( Nr1)
Jadi Nilai Akhi = 2 x ( 8,33 ) + 0 + 2 x ( 0 ) = 16, 67 / 5 = 3, 33
Jika Nilai tugas diatas ( Ketrampilan ) = 28,3 + 26,7 + 25 =
80 / 3 = 26,67
Nilai Akhirnya Barubah
Maka Nilai Rata-rata 1 = 25 + 0 + 26,7 = 51,7 / 2 = 17,2
Jadi Nilai Akhr = 2 x ( 17,2 ) + 0 + 0 = 34,4 / 4 = 8,6 .
jadi yang di lihat di bloog , nilai akhir = 8,6
kalau ada tugas yang di serahkan / di nilaikan dan mengikuti ulangan berikutnya , nilai tersebut bertambah,
Beginilah perhitungan yang saya postingkan ke Nilai Siswa
III SIKAP
Nilai SIKAP siswa terdiri dari penilaian
Penilai SIKAP ini di lakukan 3 x ( tiga kali ) dilakukan dalam satu semester
A. OBSRVASI penilaian ini dilakukan oleh setiap guru mata pelajaran dalam satu semester
B. DIRI SENDIRI. Di mana si anak menilai didinya sendiri dengan cara menjawab angket yang di bagikan kepada masing-masing siswa .
C ANTAR TEMAN . , Di mana siswa menilai temannya berdasatkan angket yang di bagikan ke siswa
D. JURNAL , adalah Nilai Rata-rata dari ( Observasi + Diri Sendiri + Antar Teman ) / 3
Untuk Nilai Sikap = ( nilai Observasi + nilai Diri Sendiri + nilai Antar Teman + nilai Jurnal ) / 4
Skala Penilaian 1 sampai 4
Untuk Angket yang di bagikan terdiri dari 8 (delapan ) kreteria
1 Ketakwaan
2. Kejujuran
3 Disiplin
4 Tanggung Jawab
5 Toleransi
6 Gotong Royong
7 Santun
8 Percaya Diri
Saya telah mempersiapkan 8 set angket yang akan di isi oleh siswa .
beserta lembar jawaban dan kunci jawabannya
Cara Saya untuk menilai Siswa yang bejumlah terakhir 328 siswa
I Untuk Penilaian Sikap Obsevasi yang harus dipersiapkan cara menilai
A, Denah Kelas sesuai dengan duduk siswa, denah ini dapat mempersingkat pengabsenan siswa.. Dimana kursi yang kosong berarti tidak hadir . tandai di denah dengan kode anda sendiri yang tahu arti dan maknanya ,
1. Untuk Ketaqwaan , setiap masuk ke kelas kita ajak anak anak berdoa menurut agama dan kepercayaan masing masing, nah dari sana suatu waktu ada yang tidak serius . mana yang tidak serius , kita tandai di denah di mana duduknya / nomor kursinya . begitu juga setelah pelajaran berakhir kita ajak siswa berdoa kembali untuk mengucap syukur kepada Tuhan . Jam Pulang / trakhir kita ajak siswa berdoa mengucap syukur dan keselamatan sampai di rumah masing masing . .
2.. Untuk Kejujuran , ini dapat kita lakukan dalam mengamati sisiwa sewaktu kita memberikan maateri pelajaran , lalu kita tanya dia mendengarkan kita atau tidak, kalau katanya mendengarkan kita tanya lagi apa yang terakhir kita sampaikan , kalau jawabannya salah berarti dia tidak jujur , kalau benar berarti dia jujur, dan sekalian ini bisa di isikan daftar nilai tes lisan nantinya . .
3 Disiplin , tentang apa yang di langgar / dilakukan . mis bercerita, ( bcr) berdiri tanpa di suruh / sesuka si siswa ( bdr ) berjalan tanpa persetujuan kita guru ( jl ) dll
4 Tanggung Jawab , kita dapat milai apakah siswa tersebut bertanggung jawab atau tidak , Misalnya kita suruh anak anak
membaca buku dirumah bab tertentu, seminggu kemudian kita tanya apakah bukunya di baca atau tidak, bagi yang membaca berati bertanggung jawab , ini juga dapat di nilai tentang , kejujuran , disiplin, dan Toleransi ,
5, Gotong Royong , dapat di nilai sewaktu kita memberikan tugas kelompok, apakah si anak ikut berpartisipasi dalam kerja kelompok tersebut . dari sini juga dapat kita nilai si anak tentang disiplin , toleransi, percaya dirinya dan santun si anak.
Semoga ini bermanfaat bagi bapak / ibu guru yang membacanya dan kepada orang tua siswa memaklumi dan memahami beratnya tugas guru dalam menilai siswanya ,
Tapi sekarang bagi guru guru yang dapat mengoperasikan Komputer menjadi agak ringan sedikit .
Saya ingin berbagi dengan bapak / ibu guru , tentang File Penilaian dan Angket Pertanyaan Untuk Penilaian Sikap .
SMS ke N0 HP . 0856 5815 7311 atau 0821 6757 4846
Format Penilaian / Pertanyaan Sikap
Menurut kurikulum 2013 Format penilaian mengisi DKN
I ; Tentang KETRAMPILAN terdiri dari kolom-kolom
A . Praktek
a. praktek 1
b praktek 2
c praktek 3
Nrp1 = (a+b+c) / 3
B, Portofolio
a. portofolio 1
b portofolio 2
c portopolio 3
Nrp2 = (a+b+c) / 3
C. Proyek
a proyek 1
b proyek 2
c proyek 3
Nrp2 = (a+b+c) /3
jadi ada sembilan ( 9 ) Kolom,
bagi siswa yang belum menilaikan tugasnya kosong ( 0 ) Jadi Hasil Nilai Ketrampilan
nilai rata rata praktek 1,2,3 di kali dua ( nrp1 x 2 ) di tambah Nilai rata rata Potofolio 1,2,3 ( nrp2) di tambah Nilai rata-rata Proyek 1,2,3 (nrp3) , Setelah di jumlahkan di bagi dengan 3mpat (4 ) . Inilah Nilai Akhir ( NA) / Nilai Rport ( NR )
n/b Jika sianak tidak melaksanakan tugasnya dan menilaikannya , maka nilai pada kolom Praktek , Portofolio , Proyek , nol ( 0 )
Format diatas telah saya buat filenya , jadi tidak perlu lagi saya menghitung dengan kalkulator , satu demi satu,
Contoh ; nilai
Nilai Praktek 1= . 85
Nilai Portofolio 1 = 80
Nilai Proyek 1 = 75
Karena nilai Praktek 2 dan 3 , Portofolio 2,3 dan Proyek 2,3 masih kosong maka nilainya
Rata rata rata praktek = 85 + 0 + 0 = 85 / 3 = 28,3
Jika hanya nilai ini yang masuk = 2 x ( 28,3 ) + 0 + 0 = 56,66 / 4 = 14,17
Nilai rata rata Portofolio = 80 + 0 + 0 = 80 / 3 = 26,7
Jika masuk lagi nilai ini maka = 2 x ( 28,3 ) + 26,7 + 0 =
83,33 / 4 = 20,83
Nilai rata rata Proyek = 75 + 0 + 0 = 75 / 3 = 25,0
nah kalau nilai ketiganya masuk maka nilai
Jadi Nilai Akhir = 2 x ( 28,3 ) + 26,7 + 25 = 108,3 / 4 = 27,08
II Tentang PENGETAHUAN .
dalam Penilaian di Pengetahuan terdiri dari Kolom-kolom
A . Tes Tertulis
a. Tes Tertulis 1 ( Ulangan Harian 1 )
b Tes Tertulis 2 ( Ulangan Harian 2 )
c. Tes Tertulis 3 ( Ulangan Harian 3 )
Nrt1 = (a+b+c )/ 3
B Tes Lisan
a. Tes Lisan 1
b. Tes Lisan 2
c. Tes Lisan 3
Nrt2 = (a+b+c) /3
C Tugas dari NILAI KETRAMPILAN
a. Tugas 1 ( dari rata-rata nilai ( 2 X praktek.1 + Portofolio 1 + Proyek 1 ) / 4
b Tugas 2 ( dari rata-rata nilai ( 2 X praktek.2 + Portofolio 2 + Proyek 2 ) / 4
c Tugas 3 ( dari rata-rata nilai ( 2 X praktek 3 + Poryofolio 3 + Proyek 3 ) / 4
Nrt3 = (a+b+c) / 3
D Nilai Tengah Semester ( Mid Semester )
E Nilai Ulangan Semester
Nilai yang akan di tuliskan di Raport memiliki cara menghitungnya, yang disebut Rumus .
2 X ( Nilai rata-rata Tes Tertulis + nilai rata-rata Tes Lisan + nilai rata-rata Tugas ) / 3 + Nilai Tengah Semester + 2 X ( Ulangan Semester ) = Jlh / 5
Skala Penilaian 0 sampai 100
Jika
Ulangan Harian / bulan siswa = 75
Nilai rata-rata = 75 / 3 = 25
Maka Nilai Rata-rata 1 = 25 + 0 + 0 = 25 / 3 = 8,33 ( Nr1)
Jadi Nilai Akhi = 2 x ( 8,33 ) + 0 + 2 x ( 0 ) = 16, 67 / 5 = 3, 33
Jika Nilai tugas diatas ( Ketrampilan ) = 28,3 + 26,7 + 25 =
80 / 3 = 26,67
Nilai Akhirnya Barubah
Maka Nilai Rata-rata 1 = 25 + 0 + 26,7 = 51,7 / 2 = 17,2
Jadi Nilai Akhr = 2 x ( 17,2 ) + 0 + 0 = 34,4 / 4 = 8,6 .
jadi yang di lihat di bloog , nilai akhir = 8,6
kalau ada tugas yang di serahkan / di nilaikan dan mengikuti ulangan berikutnya , nilai tersebut bertambah,
Beginilah perhitungan yang saya postingkan ke Nilai Siswa
III SIKAP
Nilai SIKAP siswa terdiri dari penilaian
Penilai SIKAP ini di lakukan 3 x ( tiga kali ) dilakukan dalam satu semester
A. OBSRVASI penilaian ini dilakukan oleh setiap guru mata pelajaran dalam satu semester
B. DIRI SENDIRI. Di mana si anak menilai didinya sendiri dengan cara menjawab angket yang di bagikan kepada masing-masing siswa .
C ANTAR TEMAN . , Di mana siswa menilai temannya berdasatkan angket yang di bagikan ke siswa
D. JURNAL , adalah Nilai Rata-rata dari ( Observasi + Diri Sendiri + Antar Teman ) / 3
Untuk Nilai Sikap = ( nilai Observasi + nilai Diri Sendiri + nilai Antar Teman + nilai Jurnal ) / 4
Skala Penilaian 1 sampai 4
Untuk Angket yang di bagikan terdiri dari 8 (delapan ) kreteria
1 Ketakwaan
2. Kejujuran
3 Disiplin
4 Tanggung Jawab
5 Toleransi
6 Gotong Royong
7 Santun
8 Percaya Diri
Saya telah mempersiapkan 8 set angket yang akan di isi oleh siswa .
beserta lembar jawaban dan kunci jawabannya
Cara Saya untuk menilai Siswa yang bejumlah terakhir 328 siswa
I Untuk Penilaian Sikap Obsevasi yang harus dipersiapkan cara menilai
A, Denah Kelas sesuai dengan duduk siswa, denah ini dapat mempersingkat pengabsenan siswa.. Dimana kursi yang kosong berarti tidak hadir . tandai di denah dengan kode anda sendiri yang tahu arti dan maknanya ,
1. Untuk Ketaqwaan , setiap masuk ke kelas kita ajak anak anak berdoa menurut agama dan kepercayaan masing masing, nah dari sana suatu waktu ada yang tidak serius . mana yang tidak serius , kita tandai di denah di mana duduknya / nomor kursinya . begitu juga setelah pelajaran berakhir kita ajak siswa berdoa kembali untuk mengucap syukur kepada Tuhan . Jam Pulang / trakhir kita ajak siswa berdoa mengucap syukur dan keselamatan sampai di rumah masing masing . .
2.. Untuk Kejujuran , ini dapat kita lakukan dalam mengamati sisiwa sewaktu kita memberikan maateri pelajaran , lalu kita tanya dia mendengarkan kita atau tidak, kalau katanya mendengarkan kita tanya lagi apa yang terakhir kita sampaikan , kalau jawabannya salah berarti dia tidak jujur , kalau benar berarti dia jujur, dan sekalian ini bisa di isikan daftar nilai tes lisan nantinya . .
3 Disiplin , tentang apa yang di langgar / dilakukan . mis bercerita, ( bcr) berdiri tanpa di suruh / sesuka si siswa ( bdr ) berjalan tanpa persetujuan kita guru ( jl ) dll
4 Tanggung Jawab , kita dapat milai apakah siswa tersebut bertanggung jawab atau tidak , Misalnya kita suruh anak anak
membaca buku dirumah bab tertentu, seminggu kemudian kita tanya apakah bukunya di baca atau tidak, bagi yang membaca berati bertanggung jawab , ini juga dapat di nilai tentang , kejujuran , disiplin, dan Toleransi ,
5, Gotong Royong , dapat di nilai sewaktu kita memberikan tugas kelompok, apakah si anak ikut berpartisipasi dalam kerja kelompok tersebut . dari sini juga dapat kita nilai si anak tentang disiplin , toleransi, percaya dirinya dan santun si anak.
Semoga ini bermanfaat bagi bapak / ibu guru yang membacanya dan kepada orang tua siswa memaklumi dan memahami beratnya tugas guru dalam menilai siswanya ,
Tapi sekarang bagi guru guru yang dapat mengoperasikan Komputer menjadi agak ringan sedikit .
Saya ingin berbagi dengan bapak / ibu guru , tentang File Penilaian dan Angket Pertanyaan Untuk Penilaian Sikap .
SMS ke N0 HP . 0856 5815 7311 atau 0821 6757 4846
Format Penilaian / Pertanyaan Sikap
JIKA BAPAK / IBU TULISAN SAYA DI ATAS ADA KURANGNYA TOLONG DI BERI TAHU DI MANA KURANGNYA
BalasHapusBEGINILAH KERJA GURU MEMBUAT / MENGOLAH NILAI SISWA DIRUMAH KALAU GURU TERSEBUT MELAKSANAKAN TUGASNYA DENGAN BAIK DAN BENAR , CAPEKKKKK SEKALIIII.... ,
BalasHapusKEPADA BAPAK / IBU GURU TOLONG, SARAN SARANNYA AGAR TULISAN INI LEBIH BAIK DAN BERMANFAAT
BalasHapus